KKN IPB MEMBANTU PERMASALAHAN PETANI LEWAT PROGRAM KLINIK PERTANIAN


klinik pertanianKlinik pertanian merupakan program yang digagas oleh mahasiswa KKN-T IPB sebagai wadah konsultasi dan berbagi pengalaman antar petani dengan mahasiswa. Kegiatan ini dirancang untuk memudahkan para stakeholder khususnya petani, kelompok tani, dan masyarakat umum untuk melakukan konsultasi, mengajukan pertanyaan, atau menyampaikan permasalahan di lapangan terkait dengan bidang pertanian. Pertanyaan maupun permasalahan tersebut akan diselesaikan secara langsung oleh mahasiswa maupun diselesaikan secara tidak langsung dengan menghubungi seorang dosen atau ahli yang berpengalaman di bidang tersebut. Program ini bertujuan membantu memberikan solusi atas masalah yang terjadi di Desa Tempuranduwur, terutama dalam bidang pertanian.

 

Program ini dilakukan dengan mengunjungi rumah petani-petani di Desa Tempuranduwur. Setiap petani akan diberi waktu untuk berkonsultasi lewat wawancara atau identifikasi lapang. Identifikasi lapang dilakukan agar dapat melihat masalah pada kondisi lapang secara langsung. Data yang diperoleh selanjutnya akan dianalisis sekitar 1–2 hari. Hasil analisis data kemudian diberikan kepada petani sebagai solusi dari masalah yang diajukan. Program dilakukan pada tanggal 30 Juni hingga 30 Juli 2022. Tempat pelaksanaan program bertempat di rumah dan lahan warga setempat.

 

Data hasil konsultasi dan identifikasi masalah selanjutnya akan dikumpulkan dan dijadikan sebuah modul. Modul ini berisi seluruh masalah yang diajukan oleh beberapa petani serta solusi yang diberikan kepada petani tersebut. Pembuatan modul bertujuan memperluas informasi serta solusi masalah pertanian yang ada di Desa Tempuranduwur kepada setiap petani yang tidak mendapatkan sesi konsultasi.


klinik pertanian


KOMENTAR

Daftar Komentar

Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: -
Email:  - Pemdestempuranduwur9@gmail.com
Website: https://tempuranduwur-sapuran.wonosobokab.go.id

-TEMPURANDUWUR, KECAMATAN SAPURAN, KABUPATEN WONOSOBO