KELOMPOK KKN IPB BANTU KURANGI ANGKA PUTUS SEKOLAH LEWAT PROGRAM MOTIVASI DAN MENGAJAR


Program mengajar dan motivasi belajar merupakan program yang dirancang oleh kelompok KKN-T IPB di Desa Tempuranduwur, kabupaten Wonosobo. Program ini dirancang dengan tujuan terciptanya pendidikan yang berkualitas di Desa Tempuranduwur. Merujuk pada salah satu kendala yang ada di Desa Tempuranduwur, yaitu kualitas pendidikan yang cukup rendah dengan angka putus sekolah yang tinggi serta survei yang dilakukan dengan beberapa tokoh masyarakat di Desa Tempuranduwur diperoleh faktor utama yang menjadi penyebab angka putus sekolah, yaitu kurangnya kemauan anak untuk bersekolah. Oleh karena itu, kelompok KKN-T IPB menyusun program mengajar dan motivasi belajar yang dapat memberikan pandangan luas tentang pendidikan. Program tersebut dilakukan dengan prinsip mengajar dan memberikan motivasi untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

      Program mengajar dan motivasi belajar dilakukan di empat tempat pendidikan, yaitu di Madrasah Diniyah, SDN 1 Tempuranduwur, SDN 2 Tempuranduwur, serta SMPN 5 Sapuran. Untuk program mengajar di Madrasah Diniyah dilakukan tiga kali pertemuan di minggu pertama. Kelas Madrasah Diniyah yang diisi oleh mahasiswa KKN-T IPB yaitu kelas TPQ satu, TPQ dua, Madin satu, Madin dua, serta Madin tiga. Pada minggu selanjutnya, kelompok KKN-T melanjutkan program mengajar di SD dan SMP. Mahasiswa KKN-T IPB yang mengajar di SDN 1 Tempuranduwur berjumlah empat orang, di SDN 2 Tempuranduwur berjumlah 4 orang, sedangkan yang mengajar di SMPN 5 Sapuran berjumlah 2 orang.

        Program mengajar di SD dan SMP dilaksanakan selama sembilan kali pertemuan yaitu seminggu tiga kali dimulai pada tanggal 30 Juni hingga 29 Juli 2022 setiap hari Senin, Selasa, dan Rabu. Pada minggu pertama kelompok KKN-T IPB mengisi materi perkenalan, belajar sambil bermain, serta motivasi belajar. Sedangkan minggu selanjutnya diisi materi pelajaran sesuai jadwal pelajaran dan diselingi motivasi belajar setiap pertemuannya. Untuk melihat semangat siswa dalam belajar, maka di pertemuan terakhir kelompok KKN-T IPB di Desa Tempuranduwur melaksanakan evaluasi dengan cara wawancara ringan terhadap siswa mengenai motivasi belajar untuk melanjutkan pendidikan hingga SMA maupun Pendidikan Tinggi. Hasil survei yang didapat sebanyak lebih dari 70% siswa semangat dalam belajar dan termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

 


KOMENTAR

Daftar Komentar

Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: -
Email:  - Pemdestempuranduwur9@gmail.com
Website: https://tempuranduwur-sapuran.wonosobokab.go.id

-TEMPURANDUWUR, KECAMATAN SAPURAN, KABUPATEN WONOSOBO