Program Pemberdayaan Perpustakaan dan Peningkatan Minat Baca


Perpustakaan merupakan pusat pengetahuan yang berisi berbagai macam jenis bacaan yang berisi pengetahuan umum maupun pengetahuan spesifik dalam suatu bidang. Perpustakaan berperan sebagai lentera dan pilar budaya membaca bagi semua orang. Bagi generasi muda perpustakaan akan membantu meningkatkan literasi dan pengetahuan yang kelak akan membantu mereka menuntun masyarakat dan bangsa menuju jalan yang lebih baik. Karena peran penting tersebut, KKN-T IPB membuat berbagai program untuk memberdayakan serta mengembangkan perpustakaan Desa Tempuranduwur serta meningkatkan minat membaca anak-anak. 

Kondisi perpustakaan di Desa Tempuranduwur tidak terlalu terawat serta buku-buku di dalamnya berantakan dan tidak tertata rapi. Oleh sebab itu, kelompok KKN-T Tempuranduwur melakukan kegiatan pembersihan perpustakaan. Hal tersebut dilakukan agar suasana dalam perpustakaan lebih nyaman dan kondusif untuk kegiatan membaca bagi anak-anak. Kemudian, agar kegiatan perpustakaan dapat dilaksanakan secara konsisten, maka dibuat jadwal perpustakaan. Pelaksanaan kegiatan perpustakaan dilakukan setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at. Selama libur kenaikan kelas, kegiatan perpustakaan dilakukan pada pukul 09.00 hingga pukul 11.00, sedangkan ketika kegiatan belajar mengajar di sekolah telah dimulai, kegiatan perpustakaan dilakukan pukul 13.00 hingga pukul 15.00.

Pembersihan dan merapikan perpustakaan saja belum cukup untuk menarik perhatian anak-anak agar datang ke perpustakaan. Sehingga, selain kegiatan membaca buku, dilakukan kegiatan hiburan lainnya seperti story telling, quiz, games, sulap, pembelajaran dan membuat kerajinan kreatif. Hiburan dalam kegiatan perpustakaan akan menarik perhatian anak-anak untuk datang ke perpustakaan.


KOMENTAR

Daftar Komentar

Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: -
Email:  - Pemdestempuranduwur9@gmail.com
Website: https://tempuranduwur-sapuran.wonosobokab.go.id

-TEMPURANDUWUR, KECAMATAN SAPURAN, KABUPATEN WONOSOBO